Jenis-Jenis Burung Kenari dan Cara Mengetahui Perbedaannya

 

jenis-burung-kenari   Tahukan Anda burung Kenari? Burung yang satu ini memang lucu, unik, dan mungil. Burung Kenari memiliki variasi warna dan yang sering dijumpai adalah burug kenari berwanrna kuning, orange, dan putih. Bagi Anda kicau mania yang hoby dengan burung kenari pasti sudah tahu apa saja jenis-jenis burung kenari yang ada di Indonesia. Burung kenari yang ada di Indonesia memang merupakan hasil silang sehingga diperoleh beberapa jenis burung kenari. Berikut jenis-jenis burung kenari

Burung Kenari YS ( YorkShire )

Jenis burung kenari ini merupakan jenis burung kenari import yang sering dijadikan atau digunakan sebagai indukan. Ciri burung jenis YS ini memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan jenis burung kenari lainnya. YS sendiri merupakan singkatan dari YorkShire. Jenis burung kenari YorkShire ini memang banyak diminati oleh pencinta burung maniak. Selain memiliki corak yang sangat indah nilai harga jual pun cukup menjanjikan. Tentunya jenis burung YS ini akan menjanjikan nilai jualnya apabila burung kenari siap tempur dan gacor di medan pertempuran. Burung Kenari jenis YS yang yang bagus harus memiliki beberapa kriteria agar Anda tidak salah dalam memilih jenis burung ini berikut adalah ciri-ciri yang bisa Anda ketahui

  1. Burung kenari yang bagus memiliki sorot mata yang tajam
  2. Burung YS yang bagus memiliki mata yang cerah.
  3. Jenis burung kenari Yowkshire harus memiliki bulu yang tipis.
  4. Burung kenari yang bagus memiliki kaki yang panjang dan jenjang.
  5. Memiliki postur tubuh yang tegak seperti wortel terbalik.
  6. Memiliki nafsu makan yang tinggi, menandakan kondisinya sehat.
  7. Burung kenari harus aktif bergerak dan lincah.
  8. Burung kenari yang baik harus memiliki dada bidang dan padat.
  9. Burung kenari YS harus memiliki nafas yang lancar dan tidak mengi.
  10. Tidak ada kotoran yang menempel di dubur/ekor.

Nah, itulah jenis burung kenari YS yang wajib kemu ketahui.

Mengenal Burung Kenari Holland

Jenis burung Holland merupakan burung kenari import dan yang paling banyak diminati adalah kenari import dari Taiwan. Jenis burung kenari Holland ini hanya sebutan di Indonesia dan bukan nama kenari resmi dunia. Jenis burung ini hampir mirip dengan jenis burung American Singer. Jenis kenari Holland ini merupakan kombinasi dari Roller dan Border. Burung kenari Holland memiliki banyak variasi warna misalnya hijau, starblue, agate, kuning, putih dan bon (warna campuran). Jenis burung ini memang menjadi salah satu andalan para penghobi burung karena memiliki kicau atau suara yang bagus. Di pasaran jenis burung ini memiliki harga berkisar antara 450.000 sampai dengan 700.000. Jenis burung ini banyak dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia misalnya saja Pasar Kalong Kebayoran Lama.

Jenis Burung Kenari F1, F2, F3

Jenis burung kenari yang ke-3 adalah bernama kenari F1 yang merupakan hasil persilangan keturunan pertama dari jenis burung kenari YorkShire (YS) dan burung kenari lokal harga jenis burung F1 masih cukup relataf mahal dan menjanjikan bagi para penangkar burung kenari. Jenis burung kenari F2 merupakan hasil keturunan atau persilangan antara burung YorkShire dengan jenis burung F1 sehingga jenis burung ini merupakan persilangan kedua dan harganya tentu dibawah jenis burung kenari F1. Terakhir jenis burung F3 merupakan hasil persilangan antaran jenis burung YorkShire dengan kenari F2. Anda tentu harus bisa membedakan beberapa jenis burung antara kenari F1, F2, dan F3.
Di beberpa daerah jenis burung kenari F1 masih menjadi andalan misalnya saja di pasar burung lokal harga jenis burug ini masih cukup relatih mahal. Tetapi bagi para penghobi burung atau kenari maniak tentu hal ini bukan menjadi salah satu kendalan untuk menyalurkan hobi burung kenari nya. Burung kenari F1, F2, maupun F3 memiliki corak warna yang berbeda-beda bahkan di beberapa daerah warna burung kenari bisa menentukan patokan standar harga pasaran. Burung kenari F1 mampu menaikan rating dalam dunia penghobi burung kenari tentunya kerena memang jenis burung kenari ini memiliki kelebihan.

Kenapa orang menyebut burug kenari F1, F2, F3?

Burung kenari F baik F1, F2, F3 merupakan istilah Kenapa disebut F ? F adalah singkatan dari Filial. Fillial adalah keturunan. Contoh lagi, kita mempunyai kenari yorkshire impor murni, dan kita kawinkan dengan kenari lokal, maka anakan tersebut nantinya adalah Filial Pertama (F1). Bisa disebut sebagai F1 Yorkshire, atau F1 Lokal. Begitu juga jika kita silangkan yorkshire tadi dengan kenari jenis lain, maka F1 nya bisa kita sebut F1 yorkshire maupun F1 jenis lain tersebut. Di bawah ini gambar kenari F1 Yorkshire. Bagaimana Anda mengetahui apakah jenis burung yang Anda punya itu jenis kenari F1? tentunya jika Anda pemula ingin mengetahui jenis burung kenari yang akan Anda pilih atau beli. Mengenai ciri, kita jangan terpaku dengan apa kata orang, ada yang bilang F1 postur besar dan lain – lain. Perlu kita teliti lebih lanjut dan kita runut garis keturunannya. Karena karakter kenari F1 pada dasarnya berasal dari karakter induk yang benar – benar ingin kita capai se-mirip mungkin. Dan untuk menuju “kemiripan” tadi kita harus terus menyilangkan dengan benar mulai dari F1, F2, F3 dst. Semakin banyak angka, maka semakin mantab dan mirip dengan tujuan awal kita, namun proses yang ditempuh cukup panjang.

 

Jenis Burung Kenari AF, AFS, dan kenari Loper

Tahukan Anda jenis burung kenari AF? jenis burung kenari ini merupakan hasil persilangan antara burung kenari F1 dengan Lokal. Kalau kenari F2 merupakan persilangan antara Yorkshire (YS) dengan lokal seperti yang telah dijelaskan di bagian atas artikel ini. Jenis burung kenari lainnya adalah burung kenari AFS yang merupakan hasil persilangan antara kenari F1 dan F1 atau bisa dikenal dengan AF super. Sedangkan jenis kenari Loper merupakan jenis burung kenari hasil persilangan antara AF dan lokal atau bisa disebut AF super.

Sebenarnya untuk membedakan jenis burung kenari ini memang agak susah namun setelah membaca artikel saya ini mudah-mudahan ada gambaran atau pencerahan bagi para pemula kicau maniak tentu khusus burung Kenari. Jika kenari impor misalnya saja YorkShire bisanya Breder memberikan ciri pada kakinya menggunakan ring. Memang tidak ada sertifikat untuk jenis burung terutama di Indonesia. Apabila jenis burung tersebut adalah kenari baik kenari lokal maupun impor biasanya para breder tidak mencantumkan identitas untuk menyamarkan jenis burung tersebut. Tetapi jangan salah ada beberapa breder juga memberikan ciri khusus terhadap burung tersebut.

Oke, mudah-mudahan setelah Anda baca artikel tentang jenis-jenis burung kenari dan bagaimana cara mengetahuinya setidaknya Anda mengetahui nama-nama jenis kenari yang beredar di pasar Indonesia.
Salam Kenari Indonesia.

Berikut beberapa contoh gambar dari jenis berbagai burung kenari lengkap dengan variasi corak dan warna yang berbeda

burung-kenari-terbaik

ciri-burung-kenari-terbaik

gambar-burung-kenari

jenis-burung-kenari1

jenis-jenis-burung-kenari-ys

 

sumber

http://zonakicauburung.blogspot.co.id/2014/12/jenis-jenis-burung-kenari-dan-cara.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s