Opossum

shutterstock_36874924

 

Opossum merupakan hewan mamalia marsupial satu satunya yang tinggal di Amerika Utara dengan nama ilmiah Didelphimorphia, dengan kantong pada betina. Mungkin sekilasnya gitu, tapi opossum beda dengan possum hewan marsupial Australia lhoo..

Opossum ini seukuran dengan kucing, bewarna abu-abu kehitaman (tapi ada juga yang albino), mata hitam, hidung merah muda agak moncong, dengan ekor yang prehensil, dan  kaki yang imut 😀 Ketika merasa terancam dan ketakutan mereka berpura-pura mati, cara yang licik kan? 😀 Tapi terkadang mereka juga mendesis dan menunjukkan kurang lebih 50 gigi mereka yang tajam.

Mereka termasuk hewan omnivora, makan serangga, siput, tikus, berries, buah yang telah matang, rumput, daun, bangkai; kadang-kadang akan makan ular, telur yang ada di tanah, jagung atau sayuran lainnya. Mampu hidup di air dan darat. Bisa beradatapsi dengan keadaan dengan cepat. Biasanya tinggal di hutan dekat sungai, sungai, dan rawa-rawa.

20130521044449610

Salah satu mamalia yang memiliki waktu terpendek untuk hidup, biasanya 2 sampai 4 tahun. Dibunuh oleh banyak predator: manusia (biasanya dengan kejadian tabrak mobil), anjing, kucing, burung hantu, rubah, anjing hutan, parasit dan penyakit, dan satwa liar yang lebih besar. Kabar baiknya mereka ini tidak terancam punah dan terdapat 60 jenis opossum di dunia.

Opossum merupakan hewan yang sangat-sangaaaaaaaaat tua untuk jenis mamalia berdasarkan catatan fosil, karena mereka hadir saat dinosaurus masih hidup. Dengan panjang 2,5 ft setara dengan 76 cm, dan beratnya antara 4-12 kg. Dapat bergantung di ranting pohon dengan ekor prehensil seperti kera.

baby-opossum

Hebatnya lagi nih ya, opossum kebal dengan bisa ular, rabies, dan kekebalan mereka lebih baik daripada kebanyakan mamalia. Tinggal dengan cara nomaden, dan mencari makan dengan lokasi yang berbeda. Anyway, jantan betina dan opossum muda memiliki panggilan yang berbeda lho, untuk yang jantan disebut Jack, betina disebut Jill, sedangkang opossum muda disebut Joey. Namanya elit elit banget yak? wkw

opossumphoto

Oposum adalah hewan nocturnal (mereka berburu di malam hari) dan berkelompok, kawanan mereka disebut Passel. Mereka memiliki indera penglihatan dan indera pendengaran yang buruk, sehingga mereka perlu bergantung pada indera penciuman mereka selama berburu. Untungnya, indera penciuman mereka sangat baik.

beautifulopossum

Oh.. ya, karena kehebatan mereka yang berpura-pura mati, sampai-sampai mereka bisa tak bergerak maupun bernafas sampai 6 jam!! Keren kan? Karena kebanyakan hewan tidak suka makan bangkai, lebih suka berburu daripada memakan hewan yang telah mati berjam-jam.

tumblr_n2fxi5mxdq1tri2neo1_500

Sang jantan menghasilkan suara tertentu untuk menarik betina, ceileh. Setelah kawin, hanya dibutuhkan 14 hari untuk oposum kecil dilahirkan. Saat lahir, mereka kecil seperti lebah madu. :O Biasanya terdiri dari 20 bayi. Hanya sedikit bayi bertahan hidup.

20130521044448476

Bayi merangkak ke kantong ibu dan tinggal di sana sampai mereka sepenuhnya dikembangkan. Setelah 67 hari, mereka dapat meninggalkan kantong. Dan setelah 75 hari, mereka siap untuk makan makanan padat.

Sementara mereka masih muda, ibu membawa bayi di punggungnya selama berburu. Makanya gak jarang kalo kamu bakal melihat betina membawa opossum kecil di punggungnya kemana-mana. Oposum hidup sampai 2 tahun di alam liar dan sampai 4 tahun di penangkaran.

 

salmaknowledge.blogspot.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s