11 Tips Memelihara Hamster

hamster-foodi
Anda jatuh hati pada si mungil hamster? Memang, memelihara binatang pengerat yang satu ini cukup menyenangkan sebab tidak menyita waktu, biaya dan juga tenaga yang berlebih. Istimewanya lagi, oleh karena ukurannya yang mini, hamster tidak akan “memenuhi” area di rumah Anda. Praktis, murah dan lucu! Tapi tunggu dulu, jika Anda seorang pemula, ada beberapa rambu-rambu dasar yang harus Anda terapkan saat memelihara hamster. Rambu-rambu ini kebanyakan dilanggar oleh karena minimnya pengetahuan tentang bagaimana memelihara hamster yang baik juga benar. Berikut ini diuraikan beberapa tips memelihara hamster yang wajib Anda ketahui. Cermati baik-baik ya.
Pertama, jangan pernah menebar makanan di dalam dasar kandang hamster Anda. Hal ini akan membuat kandang lebih mudah kotor dan juga membuat kandang bau dan mengundang berbagai penyakit. Beli wadah makanan. Pilih yang memiliki berat jangan yang cenderung ringan. Wadah ringan gampang tergeser dan makanan mudah tumpah.
Kedua, jaga kebersihan kandang hamster! Ganti pasir atau serutan kayu yang Anda jadikan alas kandang minimal sekali dalam seminggu. Jika tidak, jangan salahkan jika hamster Anda terlihat lusuh dan bulunya kurang bersih. Salah satu manfaat alas kandang tersebut untuk membersihkan bulu hamster dan juga menyerap air seni. Jadi, malas mengganti pasir atau seritan kayu akan membuat hamster Anda bau!
Ketiga, pilihlah makanan yang benar. Jangan memberi biji bunga  matahari setiap hari. Ingat, makanan berlemak akan membuat hamster Anda terkena obesitas yang berujung pada beberapa penyakit seperti jantung. Kombinasikan dengan takaran yang benar. Agar gizinya terpenuhi. Kacang hijau dan kedelai merupakan alternatif terbaik minim lemak. Coba juga beras merah! Bergizi.
Keempat, saat bermain bersama hamster Anda, jangan pernah coba-coba memegangnya dengan cara berdiri. Hal ini akan memicu stress bagi mereka. Jauh lebih baik jika Anda memegang mereka dalam keadaan duduk. Jauh lebih menyenangkan!
Kelima, jangan pernah menjemur hamster Anda di bawah terik matahari secara berlebihan. Ingat, mereka adalah hewan nokturnal. Siang hari mereka habiskan dengan tidur sedangkan malam hari mereka gunakan untuk mencari makanan. Jadi, mereka cenderung tak “cocok: dengan cahaya matahari berlebih. Yang sedikit saja jauh lebih baik. Di tempat yang teduh.
Keenam, sebelum memegang hamster Anda, pastikan Anda mencuci tangan Anda dengan sabun agar bebauan asing lenyap dari tangan Anda. Mereka sangat sesitif terhadap bau. Dan, mereka mendeteksi Anda dari bau khas Anda. Jika Anda bebauan lain, mereka akan menandai Anda sebagai orang asing.  Jadi, jangan memakai wewangian mencolok ya!
Ketujuh, jangan memberi coklat, jeruk, bawang merah, bawang bombay, bawang putih, seledri, daun bawang dan makanan dengan aroma kuat lainnya! Meski, hamster merupakan hewan omniovra yang bisa menyantap apapun, tapi tubuh mereka tak ramah dengan makanan beraroma kuat. Termasuk yang eraroma citrus! Hati-hati. Poin ini sebenarnya tidak masuk kategori tips memelihara hamster, sebab ini merupakan hal yang kadarnya wajib dilakukan!
Kedelapan, jangan pernah memandikan hamster langsung di air. Terlebih dengan cara merendamnya. Hal ini akan memicu pneumonia! Mereka berasal dari habitat gurun, tak cocok dengan air. Dengan rutin mengganti serutan kayu atau pasir zeloit sudah cukup untuk membersihkan bulu mereka!
Kesembilan, cobalah melengkapi kandangnya dengan aksesoris seperti jungkit-jungkit, bola hamster atau hamsterball, atau Jogging Wheel. Dengan menambahkan mainan ini, ahmster Anda akan jauh lebih aktif dan sering melakukan aktiftas fisik. Sama seperti manusia, hal ini menyehatkan!
Kesepuluh, simpan kandang hamster di tempat yang tidak ramai. Tempat yang bising cenderung mengganggu. Mereka suka tempat yang sepi. Di habitan aslinya, hamster membangun rumah di tempat yang paling tersembunyi. Jadi, cari sudut rumah yang aman, nyaman dan sepi!
Tips memelihara hamster yang terakhir adalah memanjakan mereka dengan pijatan lembut saat Anda sudah dikenalinya sebagai sahabat. Hal ini akan membuat ia semakin dekat dengan Anda tentunya. Selamat mencoba semua tips ini ya. Semoga berhasil!
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s